Lafadz Bacaan Niat Dan Doa Setelah Sholat Sunat Witir Lengkap

Lafadz Bacaan Sholat Dan Doa Setelah Sholat Witir Lengkap - baiklah dalam kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai lafadz bacaan sholat witir, tata cara sholat witir dan bacaan doa sholat sunat witir juga di lengkapi dengan bacaan niat sholat witir, adapun untuk sholat sunat witir ini termasuk ke dalam sholat sunat yang tidak di sunatkan berjamaah, kecuali ada yang di sunatkan berjamaah yaitu sholat sunat witir pada bulan ramadhan.

Witir artinya (ganjil) dalam artian ganjil pada jumlahan rakaatnya, yakni sholat sunat witir biasa dilakukan satu atau tiga rakaat atau juga ada yang melaksanakannya lima,tujuh rakaat dan sebaiknya laksanakan sebanyak sebelas rakaat, sholat witir ini lebih utama di kerjakan, bahkan menurut pandangan Imam Abu Hanifah beliau mengharuskan untuk melaksanakan sholat sunat witir. Dalilnya menurut sabda Nabi Muhammad SAW : Sholat Witir itu tetap haq atas setiap orang Islam (H.R Abu Dawud).

Melaksanakan Shalat witir merupakan bagian dari qiyamul lail atau (shalat malam), karena qiyamul lail itu terdiri dari dua macam shalat sunat ya'ni sholat sunat tahajud dan sholat sunat witir, kemudian istilah qiyamul lail itu bila di bulan Ramadhan berganti dengan Shalat Tarawih lalu sholat witir dengan cara berjamaah, berikut penjelasan di bawah ini untuk semua yang berkaitan dengan perlengkapan sholat sunat witir.

Lafadz Bacaan Sholat Dan Doa Setelah Sholat Witir Lengkap

Waktunya :
  • Berawal dari waktu Sesudah sholat fardhu Isya sampai waktu terbit fajar shidiq, atau setiap sehabis melaksanakan sholat malam (Tahajud).
Banyaknya :
  • sekurang-kurangnya satu rakaat dan dan pada umumnya tiga rakaat, dan untuk yang paling sempurna adalah sebelas rakaat.
Tata caranya :
  • Jika lebih dari satu rakaaat awal-awal dilakukan dua-dua rakaat, sisanya yang satu rakaat di lakukan terakhir, jika jumlahnya tiga rakaat boleh juga dilakukan sekaligus atau satu kali salam dalam 3 rakaat dan tidak di awali dengan tahiyyat awwal.

Niatnya untuk yang satu rakaat :

أصَلِّى سُنَّةَ الْوِتْرِ رَكْعَة ﻣُﺴْﺘَﻘْﺒِﻞَﺍﻟْﻘِﺒْﻠَﺔِ لِلهِ تَعاَلَى
Ushollii sunnatal witri rok’atan lillaahhi ta’aalaa.
Artinya : “Aku niat sholat sunnat witir 1 roka’at dengan menghadap qiblat karena Allah Ta’ala”

 Niatnya untuk yang dua rakaat :

أصَلّى سُنَّةَ الْوِتْرِ رَكْعَتَيْنِ ﻣُﺴْﺘَﻘْﺒِﻞَﺍﻟْﻘِﺒْﻠَﺔِ لِلهِ تَعَالَى
Ushollii sunnatal witri rok’ataini lillaahhi ta’aalaa. 
Artinya : “Aku niat sholat sunnat witir 2 roka’at dengan menghadap qiblat karena Allah Ta’ala”.

Niatnya untuk yang tiga rakaat satu kali salam :

ﺃُﺻَﻠِّﻲْ ﺳُﻨَّﺔَ ﺍﻟْﻮِﺗْﺮِ ﺛَﻠَﺎﺙَ ﺭَﻛَﻌَﺎﺕٍ ﻣُﺴْﺘَﻘْﺒِﻞَﺍﻟْﻘِﺒْﻠَﺔِ لِلهِ تَعَالَى
Usholli sunnatal witri tsalatsa raka’atin
mustaqbilalqiblati ma-muman lillahi ta’ala
Artinya : "Saya niat sholat witir tiga rokaat dengan menghadap qiblat karena Allah ta’ala".

Kemudian untuk bacaan suratnya :
  • Rakaat pertama ba'da Fatihah : Sabbihisma Robbikal a'la.
  • Rakaat kedua ba'da Fatihah : Qulya ayyuhal kaafiruun.
  • Rakaat ketiga ba'da Fatihah : Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Nas
Kalau sholatnya lebih dari tiga rakaat hendaknya surat-surat yang di tentukan di atas dibaca pada rakaat terakhir.

Dan untuk bacaan doanya :

اَللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ إِيْمَانًا دَائِمًا، وَنَسْأَلُكَ قَلْبًا خَاشِعًا، وَنَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَنَسْأَلُكَ يَقِيْنًا صَادِقًا، وَنَسْأَلُكَ عَمَلاً صَالِحًا، وَنَسْأَلُكَ دِيْنًا قَيِّمًا، وَنَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ، وَنَسْأَلُكَ تَمَامَ الْعَافِيَةِ، وَنَسْأَلُكَ الشُّكْرَ عَلَى الْعَافِيَةِ، وَنَسْأَلُكَ الْغِنَى عَنِ النَّاسِ.
اَللَّهُمَّ رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا صَلاَتَنَا وصِيَامَنَا وَقِيَامَنَا وَتَخَشُّعَنَا وَتَضَرُّعَنَا وَتَعَبُّدَنَا، وَتَمِّمْ تَقْصِيْرَنَا يَا اَللَّهُ، يَا اَللَّهُ، يَا اَللَّهُ، يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ.
وَصَلَّى اللَّهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ، سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا 
يَصِفُوْنَ، وَسَلاَمٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

"Allaahumma innaa nas-aluka iimaaman daa-iman wa nas-aluka Qalban khaasyi'an wa nas aluka 'ilman naafi'an wa nas-aluka yaqiinan shaadiqan wa nas-aluka 'amalan shaalihan wa nas-aluka diinan qayyiman wa nas-aluka khairan katsiiran wa nas-aluka 'afwawal 'aafiyata wa nas-aluka tamaamal 'aafiyati wa nas-alukasy Syukra'alal 'aafiyati wa nas-aluka ghinaa 'aninnaasi.
Allaahumma rabbanaa taqqabbal minnaa shalaatanaa washiyaamanaa wa qiyaamanaa wa takhasysyu'anaa wa tadharru'anaa wa ta'abbudunaa wa tammim taqshiiranaa ya Allaahu ya Allaahu ya Allaahu ya Arhamar raahimiina wa shallallaahu 'alaa khairi khalqihi muhammaadin wa 'alaa aalihii wa shahbihii ajma'iina wal hamdu lillaahi rabbil 'aalamiina..."

Artinya : "Wahai Tuhanku !! Sesungguhnya kami memohon kepada-Mu iman yang Langeng, kami memohon kepada-Mu Hati yang Khusyuk, kami memohon kepada-Mu Ilmu yang bermanfaat, kami memohon kepada-Mu Keyakinan yang Benar, kami memohon kepada-Mu Amal yang Shaleh, kami memohon kepada-Mu Agama yang Lurus, kami memohon kepada-Mu Kebaikan yang Banyak, kami memohon kepada-Mu Ampunan dan Kesehatan, kami memohon kepada-Mu Kesehatan yang Sempurna, kami memohon kepada-Mu Bersyukur atas Kesehatan, dan kami memohon kepada-Mu Kecukupan dari semua Manusia.
Wahai Tuhanku !! Tuhan kami, Terimalah Sholat kami, Puasa kami, Rukuk kami, Khusyuk kami, kerendahan kami, dan Pengabdian kami serta sempurnakanlah kekurangan kami.
Wahai Allah.. !! Wahai Allah.. !! Wahai Allah..!!
Wahai Dzat yang Maha Penyayang !! Berilah kesejahteraan kepada sebaik-baik Makhluk yakni Nabi Muhammad, kepada keluarganya dan kepada semua sahabatnya, dan Segala Puji bagi Allah Tuhan semesta Alam".
Aamiin ya rabbal alamiin..


Para pengunjung yang saya hormati dan saya banggakan itulah tadi sekilas pembahasan mengenai Bacaan doa sholat witir, mohon maaf bila mungkin ada kesalahan, ambil yang benarnya saja dan maklumi kebodohan diri kami, semoga Alloh mengampuni kami amin. Semoga bermanfaat Sekian dan Terimakasih.