Lafadz Bacaan Niat Sholat Jenazah/Mayyit Lengkap Bahasa Arab, Latin Artinya

Lafadz Bacaan Niat Sholat Jenazah/Mayyit Lengkap Bahasa Arab, Latin Artinya - Alhamdulillah kita semua masih bisa bertemu kembali semoga saja kita semua selalu ada dalam lindungan Allah SWT. Selanjutnya Insya Allah dalam kesempatan kali ini kami akan tuliskan dan akan jelaskan apa-apa yang bersangkutan terkait Sholat Jenazah atau juga sholat mayit lengkap, karena mungkin ada di antara beberapa sahabat yang belum mengetahui untuk bacaan niat sholat mayit / sholat jenazah.

Untuk mempelajari sholat jenazah atau juga shalat mayyit tentu saja harus dengan kejelian, karena dalam pelaksanaan shalat jenazah tersebut ada perbedaan antara mayit laki-laki dan mayyit perempuan terutama pada bacaan niat sholat jenazah (mayyit), begitu juga dengan bacaan doa dalam empat takbirannya pada itu ada sedikit perbedaan antara mayit laki-laki dan perempuan.

Nah selain itu juga sama halnya ada perbedaan antara mayyit satu/mayit sendiri, mayit dua dan mayit yang lebih banyak, dan juga dalam mensholati mayit (jenazah) ada yang di sebut mayit hadir yakni jenazahnya hadir ada di hadapan kita, lalu ada juga yang di sebut mayit ghoib yakni bermaksud sholat mayyit akan tetapi jenazahnya tidak hadir misalkan karena beda daerah atau karena apa saja yang menimbulkan mayit yang bermaksud kita sholati tidak hadir pada hadapan kita.

Lafadz Bacaan Niat Sholat Jenazah/Mayyit Lengkap Bahasa Arab, Latin Artinya

Terkait judul di atas antara lain bacaan niat shalat mayit lengkap, selain itu juga ada perbedaan bacaannya antara niat shalat mayit hadir dan bacaan niat sholat mayit ghoib atau biasa di sebut sholat ghoib lihat selengkapnya pada artikel terkait, nah pada kesempatan ini akan kami tuliskan dan akan kami bahas untuk bacaan lafadz niat sholat jenazah, baik mayit laki-laki maupun mayit perempuan yang jenazahnya ada/hadir berikut untuk Niat Sholat Jenazah Lengkap.

Bacaan Niat Sholat Untuk Jenazah (Mayit) Laki-laki

Dalam tulisan arab :

اُصَلِّى عَلَى هَذَاالْمَيِّتِ اَرْبَعَ تَكْبِرَاتٍ فَرْضَ الْكِفَايَةِ مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

Dalam tulisan latin :

USHOLLI 'ALAA HAADZALMAYYITI ARBA'A TAKBIRAATIN FARDHOL KIFAAYATI MA'MUUMAN LILLAAHI TA'AALA.

Artinya :
(Saya niat shalat atas mayit ini empat kali takbir fardhu kifayah karena menjadi makmum karena Allah Ta’ala).

Bacaan Niat Sholat Untuk Mayit (Jenazah) Perempuan

Dalam tulisan arab :

اُصَلِّى عَلَى هَذِهِ الْمَيِّتَةِ اَرْبَعَ تَكْبِرَاتٍ فَرْضَ الْكِفَايَةِ مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

Dalam tulisan arab :

USHOLLI 'ALAA HAADZIHIL MAYYITATI ARBA'A TAKBIRAATIN FARDHOL KIFAAYATI MA'MUUMAN LILLAAHI TA'AALA.

Artinya :
(Saya niat shalat atas mayit perempuan ini empat kali takbir fardhu kifayah karena menjadi makmum karena Allah Ta’ala).

Berikut di bawah ini untuk bacaan niat sholat jenazah sebagai imam

Dalam bahasa arab :

اُصَلِّى عَلَى هَذَاالْمَيِّتِ اَرْبَعَ تَكْبِرَاتٍ فَرْضَ الْكِفَايَةِ إِمَامًا ِللهِ تَعَالَى

Dalam tulisan latin :

USHOLLI 'ALAA HAADZALMAYYITI ARBA'A TAKBIRAATIN FARDHOL KIFAAYATI IMAAMAN LILLAAHI TA'AALA.

Artinya :
(Saya niat shalat atas mayit ini empat kali takbir fardhu kifayah menjadi imam karena Allah Ta’ala).

Hukum melaksanakan Sholat Jenazah adalah fardhu kifayah, yaitu salah satu hukum yang wajib dilakukan akan tetapi bila sudah dilaksanakan oleh orang muslim maka kewajiban tersebut cupar/gugur untuk orang muslim lainnya. Cara Sholat Mayit atau sholat jenazah tersebut dikerjakan dengan empat kali takbiran dengan tanpa ada raka'at. Itulah sekilas artikel pembahasan mengenai bacaan niat sholat jenazah (mayyit) lengkap, semoga bermanfaat Sekian dan Terimakasih.