Pengertian Dalil Manfaat Keutamaan Puasa Asyura Dan Tasu'a 2017

Pengertian Dalil Manfaat Keutamaan Puasa Asyura Dan Tasu'a 2017. Sebagaimana apa yang telah kita pahami pada umumnya bahwasanya puasa asyura dan tasu'a adalah salahsatu puasa sunnah yang slalu kita tunggu-tunggu karna fadillah/keutamaannya yang sangat luar biasa besarnya yakni bisa menghapuskan dosa-dosa kecil dan kesalahan-kesalahan selama satu tahun yang telah di lalui.

Sabda Rasulullah SAW : "Puasa hari asyura, kami mengharapkan pahalanya di sisi Allah SWT dapat menghapuskan dosa-dosa kecil setahun sebelumnya (HR. Muslim dan Ibnu majah). Lalu sesuai dengan nama asyura atau ke sepuluh berarti puasa sunnah di hari ke sepuluh dan juga tasyua berarti hari ke sembilan yakni melaksanakan puasa sunnah di hari ke sembilan dan ke sepuluh di bulan Muharram, begitu juga qaol ulama jumhur yang telah berpendapat demikian.

Adapun untuk keutamaan puasa asyura tentulah sangat besar yakni dalam sejarah islam ada istilah keutamaan besar pada sepuluh muharram yang mengandung banyak hikmah, diantaranya selamatnya Nabi Musa bersama Bani Isra'il dari kejahatan pir'aun dan juga bala tentaranya, mendaratnya perahu Nabi Nuh bersama kaumnya dari banjir yang begitu dahsyat dan banyak lagi keutamaan-keutamaan lainnya yang pastinya keutamaan tersebut merupakan wujud syukur kepada Allah SWT dari berbagai nikmat yang telah Allah berikan kepada hamba-hambanya yang beriman.

Pengertian Dalil Manfaat Keutamaan Puasa Asyura Dan Tasu'a 2017

Sebagai muslimin dan juga muslimat yang ta'at sudah semestinya melaksanakan puasa asyura tersebut sebagai rasa syukur kepada Allah SWT dari berbagai nikmat. Meneladani Nabi Musa AS Nabi Harun AS Nabi Nuh AS dan yang paling utama meneladani junjungan kita yakni Nabi besar Muhammad SAW yang berpuasa pada hari asyura.

Adapun untuk waktu pelaksanaan puasa tasu'a dan juga asyura menurut tahun masehi Insya Allah akan bertepatan jatuh pada tanggal 29-30 September 2017 hari jum'at-sabtu tepat pada tanggal 9-10 muharram 1438 Hijriyah. Berikut dibawah ini bacaan niat puasa asyura dan niat puasa tasu'a :

Niat puasa asyura :

نَوَيتُ صَومَ غَدٍ مِن يَومِ عَاشُورَاءَ سُنَّةًً لِلَّهِ تَعَالَى

Bahasa Latin : NAWAITU SAUMA GHADIN MIN YAUMI 'ASYURA’A LILLAHI TA'ALA

Artinya : “ Aku niat puasa hari ’Asyura , sunnah karena Allah ta’ala.”

Niat puasa tasu'a :

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ مِن يَومِ تَاسُعَاءَ سُنَّة لله تَعَالى

Bahasa Latin : NAWAITU SAUMA GHADIN MIN YAUMI TASU'A SUNNATAL LILLAHI TA'ALA

Artinya : Saya niat puasa Tasu'a,sunah karena Allah ta’âlâ

Saudara/saudariku itulah tadi sekilas pembahasan menyangkut puasa asyura dan tasu'a yang telah kami sampaikan pada ulasan di atas semoga ada manfaatnya, kami selaku admin di publisher ini di cukupkan sekian dulu mohon di maafkan dari segala kekurangan dan mohon maaf juga apabila ada pembahasan atau ada kata yang kurang berkenan untuk sahabat pembaca sekian dan Terimakasih sampai jumpa kembali pada artikel-artikel lain.