Bacaan Doa Cara Dan Niat Sholat Sunnah Hari Raya Idul Fitri Lengkap

Bacaan Doa Cara Dan Niat Sholat Sunnah Hari Raya Idul Fitri Lengkap - Pada kesempatan artikel kali ini Insya Allah akan kami bahas untuk niat sholat idul fitri, doa sholat idul fitri, bacaan shalat idul fitri dan lain-lain yang berkaitan dengan hari raya idul fitri, karena hari raya lebaran idul fitri tinggal menjelang beberapa hari lagi maka persiapkanlah segalanya untuk menyambutnya antara lain sucikan diri dan bersihkan hati.

Ramadhan bulan yang penuh barokah dan juga bulan penuh ampunan tidak terasa beberapa hari lagi akan segera brlalu, dan kini saatnya sebentar lagi akan tiba hari raya idul fitri, dengan ini ada sedih dan ada bahagia juga rasanya, merasa sedih karena akan berpisah dengan bulan yang penuh pahala dan keberkahan ini, bahagia karena kita akan memasuki hari raya idul fitri yang mana hari raya idul fitri tersebut merupakan hari kemenangan dimana kita kembali kepada fitrah.

Baiklah akan kita awali untuk pembahasan yang kita tuju, karena mungkin di antara saudara-saudari kita ada yang belum mengetahui atau masih memahami untuk bacaan lafadz doa niat sholat idul fitri dan tata cara melaksanakan sholat sunnat ied idul fitri, dalam bacaan niatnya akan kami tuliskan secara lengkap dengan bahasa arab, latin dan arti bacaannya. Berikut di bawah ini untuk penjelasannya.

Bacaan Doa Cara Dan Niat Sholat Hari Raya Idul Fitri Lengkap

Yang pertama akan kami bahas dengan bacaan niat sholat hari raya idul fitri, seperti apa yang telah kita ketahui bahwasanya untuk kewajiban mengedalkan niat cukup di ucapkan di dalam hati, dan dalam ucapan lisan itu termasuk pada hukum sunnat, yang terpenting ialah niat hanya semata tulus karena Allah Ta'ala, di dasari dengan hati yang ikhlas dan mengharapkan RidhoNya. Berikut untuk lafadz niat sholat sunnah idul fitri, kami tuliskan khusus untuk niat sebagai imam dan juga khusus niat untuk makmum.

Lafadz Niat Sholat Sunnah Idul Fitri Bagi imam

Dalam bahasa arab :

اُصَلِّى سُنُّةً عِيْدِ الْفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اِمَامًا ِللهِ تَعَالَى

Dalam tulisan latin :

USHOLLI SUNNATA 'IIDHIL FITHRI ROK'ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI IMAAMAN LILLAAHI TA'AALA

Artinya :
"Saya niat sholat sunnah idul fitri dua raka'at menghadap kiblat sebagai imam karena Allah Ta'ala"

Niat Sholat Sunah Hari Raya Idul Fitri Bagi makmum

Dalam bahasa arab :

اُصَلِّى سُنُّةً عِيْدِ الْفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

Dalam tulisan latin :

USHOLLI SUNNATA 'IIDHIL FITHRI ROK'ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI MA'MUUMAN LILLAAHI TA'AALA

Artinya :
"Saya niat sholat sunnah idul fitri dua raka'at menghadap kiblat sebagai ma'mum karena Allah Ta'ala"

Adapun untuk waktu mengerjakan sholat sunnat idul fitri yaitu di laksanakan di pagi hari setelah sholat shubuh menuju agak sing sekitar jam 06:00/06:30 s/d selesai dan sehabis melaksanakan niat mandi idul fitri, Shalat tersebut di laksanakan secara berjamaah, berangkatlah ke masjid-masjid tertentu seperti masjid DKM, Masjid kaum atau dimana saja tempat perkumpulan orang hendak melaksanakan sholat sunnah idul fitri, dan untuk hukum melaksanakan sholat sunat idul fitri yaitu shalat sunah muakkad, yakni sholat sunnah yang sangat dianjurkan.

Itulah di atas tadi sekilas artikel pembahasan mengenai sholat idul fitri, tata cara shalat idul fitri dan niat sholat idul fitri, semoga apa yang kami smpaikan dapat anda manfaatkan, mohon maaf dari segala kekurangannya Sekian dan terimakasih. Jangan lupa kunjungi juga artikel-artikel kami yang terkait atau yang di kaitkan.