Bacaan Niat Doa Sholat Istikhoroh Lengkap Arab Latin dan Artinya

Bacaan Niat Doa Sholat Istikharah Lengkap Arab Latin Artinya - Sholat Sunnat Istikharoh termasuk ke dalam sholat sunnat yang pelaksanaannya tidak di sunnatkan berjamaah. Sholat ini adalah shalat sunnat untuk memohon kepada Allah Swt. agar di beri petunjuk dalam menentukan suatu pilihan dari beberapa pilihan, misalnya kita sedang dalam keadaan berhajat sebaiknya lakukanlah sholat sunnat istikhaoh terlebih dahulu agar kita mendapat petunjuk yang lebih baik dalam menentukan suatu pilihan. Disini akan kami tuliskan untuk Tata Cara, Niat Sholat Istikharoh dan Bacaan Doanya Lengkap Dengan Bahasa Arab, Latin Dan arti Bacaannya.

Perlu kita ketahui bahwa sholat sunnah istikharoh bukan mencari mimpi, yakni sesudah sholat istikharoh kemudian tidur untuk mendapatkan mimpi yang memberikan alamat dan maksud dengan apa yang kita hajatkan, sholat istikharoh adalah mencari kebaikan, artinya kalau kita mempunyai hajat lalu melaksanakan Sholat Istikharoh, maka jika maksud atau hajat tersebut dilaksanakan maka kita akan memperoleh barokah.

Imam Al-Ghozali berkata : dimana kita ragu atau bimbang dalam melakukan suatu hal, mana yang lebih baik untuk dikerjakan dan mana yang tidak baik , sedangkan keadaan mendesak tetapi keputusan tidak di peroleh juga maka laksanakanlah Sholat Sunnat Istikharoh, karena dengan Sholat Istikharoh Insya Alloh kita akan menemukan jawaban yang terbaik dari suatu masalah, ada beberapa Hikmah dari Sholat Sunnat Istikharoh.

Bacaan Niat Dan Doa Sholat Istikharah Lengkap Arab Latin Artinya

Hikmah yang diperoleh dari Sholat Istikharoh :
  • Insya Alloh jalan yang gelap akan menjadi terang.
  • Akan terbuka jalan menuju cita-cita.
  • Pasti Alloh akan memberikan futuh (pembuka) serta taufiqnya.
  • Tidak akan kecewa bagi orang yang melaksanakan Sholat Istikharoh.
maka lakukanlah Sholat Istikharoh secara berulang-ulang.

Waktu dan jumlah rakaatnya :
Bisa dilaksanakan dengan waktu kapan saja, di waktu siang ataupun waktu malam, dan lakukanlah sesuai waktu yang sudah kewarid, jika siang sewaktu dengan Isroq dan kalau malam ba'da Maghrib, namun sangat di utamakan dilakukan pada waktu tengah malam sewaktu dengan Sholat Tahajud. Banyaknya rakaat sholat istikharoh yaitu dua rakaat, berikut untuk bacaan niatnya.

Bacaan Niat Sholat Istikharoh Dalam Bahasa Arab:

Bacaan Niat Doa Sholat Istikharah Lengkap Arab Latin dan Artinya

USHALLI SUNNATAN ISTIKHAROTI ROK'ATAINI LILLAHI TA'ALA.

Artinya : Aku niat Sholat Sunnat Istikharoh dua rakaat karena Alloh ta'aala.

Surat yang dibaca sebaiknya  :
  • Rakaat awwal ba'da Fatihah yaitu surat Al-Kafiruun.
  • Rakaat ke dua ba'da Fatihah yaitu surat Al-Ikhlas.  Atau surat apa saja yang kita bisa.

Bacaan Doa sehabis Solat Istikharoh :

اَللهُمَّ اِنِّى اَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ وَاَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ وَاَسْئَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ. فَاِنَّكَ تَقْدِرُ وَلَآاَقْدِرُ وَلَآاَعْلَمُ وَاَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ. اَللهُمَّ اِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ هذَااْلاَمْرَخَيْرٌلِّىْ فِىْ دِيْنِىْ وَمَعَاشِىْ فَاقْدُرْهُ لِىْ وَيَسِّرْهُ لِىْ ثُمَّ بَارِكْ لِىْ فِيْهِ وَاِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ هذَااْلاَمْرَشَرٌّلِّىْ فِىْ دِيْنِىْ وَمَعَاشِىْ وَعَاقِبَةِ اَمْرِىْ وَعَاجِلِهِ وَآجِلِهِ فَاصْرِفْهُ عَنِّىْ وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاقْدُرْلِى الْخَيْرَحَيْثُ كَانَ ثُمَّ رَضِّنِىْ بِهِ

Artinya : Wahai Allah, bahwasanya aku mohon pilihan olehMu dengan ilmu-Mu, dan mohon kepastian-Mu dengan kekuasaan-Mu, serta mohon kepada-Mu dari anugerah-Mu Yang Maha Agung, karena Engkaulah Dzat yang berkuasa, sedang aku tiada kuasa, dan Engkaulah Dzat Yang Maha Mengetahui, sedang aku tiada mengetahui, dan Engkaulah Dzat yang mengetahui yang ghoib. Wahai Allah, jika adanya, Engkau ketahui bahwa urusan ini ........ adalah baik bagiku, untuk duniaku, akhiratku, penghidupanku, dan akibat urusanku untuk masa sekarang maupun besoknya, maka kuasakanlah bagiku dan permudahkanlah untukku, kemudian berkahilah dalam urusan itu bagiku. Namun jikalau adanya, Engkau ketahui bahwa urusan itu ......... menjadi buruk bagiku, untuk duniaku, akhiratku, penghidupanku, dan akibatnya persoalanku pada masa sekarang maupun besoknya, maka hindarkanlah aku dari padanya, lalu tetapkanlah bagiku kepada kebaikan, bagaimanapun adanya kemudian ridhoilah aku dengan kebaikan itu.

Saudaraku yang di banggakan itulah tadi sekilas artikel pembahasan mengenai Bacaan Sholat Istikharah, mohon maaf bila mungkin ada kesalahan dalam penulisan, atau mungkin ada sedikit perbedaan dalam pembahasan, namun tiada lain isi dan tujuannya sama. Semoga ada manfaatnya, sekian dan Terimakasih.