Bacaan Doa Iftitah Dalam Sholat Sunat Atau Wajib Menurut Sunah

Bacaan Doa Iftitah Dalam Sholat Sunat Atau Wajib Menurut Sunnah - adalah salah satu keutamaan Sunnah dalam melaksanakan Sholat yang di bacakan setelah selesai Takbirotul ikhrom dan sebelum memulai kepada bacaan surat Al-Fatihah hendaklah membaca bacaan doa iftitah secara benar dan tartil, Adapun untuk Hukum Membaca Doa Iftitah ini adalah Sunah untuk seorang Imam maupun Makmum ketika Shalat Sendiri atau secara Berjamaah dan jika ditinggalkan atau tidak dibaca maka tidak apa – apa tidak perlu melakukan sujud sahwi.

doa iftitah dan artinya

Dan Bacaan Doa Iftitah ini disunahkan jika terpenuhi 5 syarat sebagaimana telah disebutkan dalam kitab Bujairimi ‘Alal Khatib yg antara lain, Shalat yg dilakukan oleh seseorang Muslim bukan di dalam Shalat Jenazah, Tidak takut habis waktu yg dihitung shalat-nya, Tidak takut salah atau luput sebagian Surat Al Fatihah (Untuk Imam), Tidak mendapati imam pada bukan berdiri, Belum masuk ketika membaca Ta’awwudz atau basmalah, baik itu dengan disengaja ataupun lupa.

Nah sedangkan untuk Keutamaan Bacaan Doa Iftitah jika melihat dari artian bacaan Surat Ifititah sendiri ialah supaya tidak melakukan kesalahan kemudian jika kita melakukannya maka bersihkanlah darinya dan hilangkanlah bekas – bekasnya dg kesucian sehingga hati kita bisa melewati proses pembersihan yg sempurna. Untuk Bacaan Doa Iftitah dan artinya Doa Iftitah lengkap dg artian Bahasa Indonesia sudah kami sajikan dibawah ini.

Bacaan Doa Iftitah Dalam Sholat Sunat Atau Wajib Menurut Sunnah

Dalam tulisan Arab :

Bacaan Doa Iftitah Dalam Sholat Sunat Atau Wajib Menurut Sunnah

Dalam tulisan latin :



Untuk Artian Doa Iftitah dalam Bahasa Indonesia adalah, :

" Alloh Maha Besar lagi Sempurna kebesarannya, segala puji bagi-nya dan Maha Suci Alloh sepanjang pagi dan sore. Kuhadapkan muka hatiku kpd Dzat yg menciptakan langit dan bumi dg keadaan lurus dan menyerahkan diri dan aku bukanlah dari golongan kaum musyrikin. Sesungguhnya Shalat-ku, Ibadah-ku, Hidup-ku dan mati-ku semata-mata hanya untuk Alloh seru sekalian alam. Tidak ada sekutu baginya dan dg itu aku diperintahkan untuk tidak menyekutukan bagi-nya. dan aku dari golongan orang muslimin ”.


Itulah tadi sekilas pembahasan tentang Niat Doa Iftitah dan Terjemahan dalam latin dan Artian Bahasa Indonesia yang bisa saya sampaikan kpd anda sehingga kita bisa dengan mudah untuk dipelajari dan dihafalkan dirumah untuk diamalkan disetiap Shalat anda. Mungkin cukup sudah perjumpaan kali ini dan semoga artikel ini bisa memenuhi kebutuhan anda dan semoga juga dapat bermanfaat pula buat anda dan buat kita semua. Sekian dan terimakasih. Baca juga untuk Doa Qunut Sholat Shubuh pada artikel terkait.