Bacaan Niat Dan Tata Cara Sholat Sunat Taubat Nasuha Dan Bacaan Doanya

Bacaan Niat Dan Tata Cara Sholat Sunat Taubat Nasuha Dan Bacaan Doanya - Para pengunjung yang kami hormati kalo kita gali begitu banyaknya bagian-bagian dari sholat sunat yang di unggulkan dan sangat besar keutamaannya,begitu juga yang akan kita bahas disini yaitu sholat sunat yang isinya bertaubat, dan kami sediakan tata cara niat dan doa sholat taubat nasuha. Dengan taubat sebesar apapun dosa manusia akan sirna, bagaikan lenyapnya embun ditimpa matahari cerah.

Manusia tidak lepas dari dosa dan noda, baik ucapan maupun perbuatan terutama manusia sering lupa dan salah. Manusia sering melanggar larangan Alloh. Tapi segala dosa itu akan diampuni oleh Alloh Swt, apabila ia menyesali perbuatannya dan cepat-cepat memohon ampun, taubat kepada-nya. Karena Alloh Maha Penerima Taubat,Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Siapa yang tidak merasa gembira dan bahagia jika semua dosa dan kesalahannya diampuni Alloh Swt. Sehingga ia kembali di hadirat-Nya laksana bayi yang baru lahir dari kandungan ibunya. Dan sudah selayaknya kalo kita menafakuri diri kita masing-masing, selain sholat taubat juga ada sholat tasbih atau niat sholat tasbih yang utama untuk dikerjakan, ingat dan sadar bahwa kita tidak akan mengulangi lagi segala perbuatan dosa itu.

Bacaan Niat Sholat Taubat Nasuha Dan Bacaan Doanya

Dengan berserah diri minta ampun kepada Alloh Swt sebelum terlambat selagi hayat masih di kandung badan, selagi masih terbuka pintu gerbang taubat. Mereka yang bertaubat akan mendapat pahala dengan suatu pengampunan dari Alloh Swt.

Alloh berfirman dalam Al-Qur'an :

Bacaan Niat Sholat Taubat Nasuha Dan Bacaan Doanya

"Sungguh Alloh mencintai para durjana yang taubat dan Alloh mencintai orang yang mensucikan dirinya" (Al-Baqarah: 222).

Setiap orang yang pernah berbuat dosa lalu pergi berwudhu terus sholat dua raka'at, lalu mohon ampun kepada Alloh Swt pasti akan diampuni Alloh dosanya itu. (HR. Turmudzi).

selanjutnya bisa kita pahami juga dalam pelaksanaannya ada cara sholat taubat, namun disini kita akan menuturkan niat,do'a dan bacaan-bacaan dalam melaksanakan sholat taubat.
Untuk niatnya :

Bacaan Niat Sholat Taubat Nasuha Dan Bacaan Doanya

Dalam bahasa latin:
Ushali sunnatat-taubati rak'ataini lillahi ta'aalaa, Allohu Akbar.
artinya : Aku niat Sholat sunnat taubat dua raka'at karena Alloh ta'ala, Allohu Akbar.

Setelah salam kemudian bersujud, jeritan hati memohon ampunan Alloh! Bersyukur atas diberinya keni'matan.
Istighfar sehabis shalat taubat hendaknya diperbanyak, sedikitnya tiga kali.

Bacaan Niat Sholat Taubat Nasuha Dan Bacaan Doanya

Astaghfirullohal 'adziim, alladzi laa ilaaha illaa huwal hayyul qayuum waatubu ilaih.
Taubatan ,abdin zhalimin, laayamliku linafsihi dharran walaa naf'an walaa mautan walaa hayaatan walaa nusyuura
(3 kali).

Artinya:

Aku memohon ampun kepada Alloh yang Maha Agung. Saya mengakui bahwa tidak ada Tuhan selain Alloh. Tuhan yang hidup terus dan berdiri dengan sendiri-Nya. Saya mohon taubat selaku seorang hamba yang banyak berbuat dosa, yang tidak mempunyai daya-upaya apa-apa untuk berbuat mudharat atau manfa'at untuk mati atau hidup maupun bangkit nanti.
Kemudian baca kalimat Thayyibah (dzikir) Laa ilaaha illallaah sebanyak-banyaknya dengan penuh khidmah dan keikhlasan, karena dengan dzikrulloh itu menghilangkan segala dosa ummat manusia. Dan sehabis berdzikir bacalah do'a tersebut:

Bacaan Niat Sholat Taubat Nasuha Dan Bacaan Doanya

Alangkah baiknya jika di lanjutkan dengan Do'a Selamat, atau do'a-do'a apa saja yang kita bisa dan yang baik.

Alloh Swt, selalu membuka pintu taubat selama kita masih hidup! Kita di anjurkan untuk segera bertaubat, karena ajal bisa datang kapan saja sewaktu-waktu dan dimana saja dengan tidak mengenal usia, untuk itu mari kita sama-sama belajar memperbaiki diri bertaqorub kepada Alloh agar senantiasa menjadi hamba yang bertaqwa. Demikian sekilas tentang Sholat niat sholat taubat Dan Doa Sholat Taubat Nasuha, mudah-mudahan bermanfa'at. Mohon ma'af jika ada kesalahan, sekian dan terima kasih.
Wassalamu alaikum Wr.Wb