Bacaan Doa Qunut Sholat Subuh Lengkap Latin Dan Terjemahannya

Membaca doa qunut adalah salah satu bacaan dalam mengerjakan sholat shubuh yang di bacakan saat i'tidal pada raka'at kedua sebelum ruku', ada beberapa ulama yang berpendapat bahwa melaksanakan doa qunut pada sholat shubuh hukumnya sunat ab'ad atau sunnat yang sangat di haruskan untuk di lakukan dalam sholat, dan apabila lupa mengerjakannya maka dalam anjurannya sunnah melaksanakan sujud syahwi.

Berikut ini kita akan membahas tata cara qunut shubuh dan bacaan doa qunut subuh rumi, tersedia dalam bahasa arab dan latin lengkap dengan terjemahannya karena melaksanakan qunut pada umat muslim sangatlah di anjurkan sesuai dengan hukumnya yaitu hukum doa qunut adalah sunat mu'akad (sunat yang amat sangat dianjurkan dan hampir wajib), jadi ketika ada pertanyaan seperti doa qunut wajib atau sunat? maka jawabannya sunat mu'akad umumnya kita semua sudah tau di saat kapan melaksanakan doa kunut shubuh, yaitu pada raka'at ke dua setelah i'tidal sebelum sujud.

Adapun untuk Keutamaan Bacaan Doa Qunut sendiri antara lain meminta petunjuk berupa ilmu yg bermanfaat, ilmu yang dapat membimbing kita untuk memahami benar dan salah, kemudian kita memohon keselamatan dari segala macam penyakit, penyakit badan maupun penyakit hati dan kita agar memohon kepada Alloh agar diberikan kebaikan yg banyak dan berlimpah serta terhindar dari segala macam musibah.

Bacaan Doa Qunut Sholat Subuh Lengkap Latin Dan Terjemahannya

Mungkin itu Keutamaan dan Keistimewaan doa qunut shubuh pendek singkat. Untuk Lafal doa qunut dan terjemahan sudah kami sediakan dibawah ini lengkap dengan bahasa arab, latin dan terjemahannya, dan terkait dengan ini baca juga untuk artikel mengenai pada artikel terkait.

Doa Qunut dalam bahasa arab : 

اَللّهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ وَقِنِيْ شَرَّمَا قََضَيْتَ، فَاِ نَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Dalam tulisan latin:

Alloh hummah dini fiman hadait.
Wa’a fini fiman ‘afait.
Watawallani fiman tawalait.
Wabarikli fimaa a’tait.
Waqinii syarramaa qadzait.
Fainnaka taqdhi wala yuqdha ‘alaik.
Faiinahu layadziluman walait.
Walaa ya’izzuman ‘adait.
Tabaa rakta rabbana wata’alait.
Falakalhamdu ‘ala maaqadzait.
Wa‘astaghfiruka wa’atubu ilaik.
Wasallallahu ‘ala Saidina Muhammad.
Wa’ala alihi wasahbihi Wasallam.

Artinya:

Ya Allah tunjukkanlah akan daku sebagaiman mereka yang telah Engkau tunjukkan
Dan berilah kesihatan kepadaku sebagaimana mereka yang Engkau telah berikan kesihatan
Dan peliharalah daku sebagaimana orang yang telah Engkau peliharakan
Dan berilah keberkatan bagiku pada apa-apa yang telah Engkau kurniakan
Dan selamatkan aku dari bahaya kejahatan yang Engkau telah tentukan
Maka sesungguhnya Engkaulah yang menghukum dan bukan kena hukum
Maka sesungguhnya tidak hina orang yang Engkau pimpin
Dan tidak mulia orang yang Engkau memusuhinya
Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami dan Maha tinggi Engkau
Maha bagi Engkau segala pujian di atas yang Engkau hukumkan
Ku memohon ampun dari Engkau dan aku bertaubat kepada Engkau
(Dan semoga Allah) mencurahkan rahmat dan sejahtera ke atas junjungan kami Nabi Muhammad, keluarga dan sahabatnya.  


Adapun dalam prakteknya:
bacaan doa qunut diatas adalah untuk orang yang menjadi ma'mum atau sholat sendirian (Bacaannya : Allah hummah DINII fiiman hadait). Namun, apabila Anda menjadi imam, maka bacaannya diganti (Bacanya : Allah hummah DINAA fiiman hadait) dan seterusnya. Karena makna kata "NII" (DINII)dhamirnya merujuk kepada diri sendiri (Saya) dan kata "NA" (DINA)dhamirnya merujuk kepada orang banyak (Kita).

Itulah sekilas artikel mengenai doa qunut yang bisa anda pelajari dan bisa selalu amalkan, jangan lupa baca juga semua hal yang berkaitan dengan bacaan doa qunut sholat subuh imam pendek lengkap latin rumi hukum wajib atau sunat mp3 nazilah witir muzammil hasballah dan lain sebagainya.